VISI MISI DAN TUJUAN

VISI

Menjadi lembaga pendidikan Islam, Pembina Muslimah yang unggul dalam IPTEK dan IMTAQ melalui pemahaman Al Quran dan As Sunnah serta penguasaan ilmu pengetahuan dan kecakapan hidup

MISI

Membina peserta didik menuju iman daan taqwa kepada Allah Ta’ala berlandaskan Al Qur’an dan As sunnah sesuai pemahaman Salaful Ummah;

Membina generasi muslimah tangguh, berakhlak mulia, dan penuh semangat dalam menuntut ilmu dan berkontribusi kepada ummat;

Mengembangkan potensi peserta didik dalam ilmu pengetahuan, bahasa, teknologi, dan keterampilan;

Menyelenggarakan fasilitas sekolah dan asrama pendidikan yang nyaman, aman, sehat dan mendukung proses pembinaan peserta didik.

TUJUAN UMUM

Menjadikan Ma’had NIBS sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah berbasis asrama ternama di tingkat nasional, mengembangkan SDM generasi penerus yang tangguh, professional dan amanah dalam menjalankan tugas dan kegiatan rutinnya, disiplin tinggi dalam menjalankan perintah Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah yang shahih sesuai dengan pemahaman Salafush Shalih.

Tujuan Stratejik:

  1. Peningkatan sistim tata kelola dan tata laksana Ma’had NIBS;
  2. Penguatan peran santri, guru, tendik, wali santri dalam pembentukan karakter Ahlus Sunnah Wal Jamaah;
  3. Peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran berorientasi pada IMTAQ, kecerdasan dan kompetitif IPTEK;
  4. Perluasan akses pendidikan tingkat Perguruan Tinggi, Program Sarjana Keislaman dan Kesehatan

Ringkasan cakupan RKJM setiap tahun kalender pendidikan

RKJM

NIBS

^
2020/2021

Pre RKJM

  • Master plan Pendidikan NIBS tersedia.
  • RKJM NIBS disahkan.
  • RKJM dan RKT+ RKAS SMP, SMA, Asrama disahkan.
  • Persiapan pengajuan Akreditasi SMA.
  • Pelaksanaan kurikulum hasil revisi.
  • Tim kerja SMP-SMAAsrama solid.
  • Lingkungan pendidikan diniyah
^
2021/2022

Tahun 1

  •  Sarpras dan FasPend terkini.
  • Diperolehnya Akreditasi SMA
  • Draft manual Quality Edu. Mnmt tersedia & diuji cobakan.
  • Pendidikan tahfids mutu unggulan.
  • Mutu (SKL) SMP dan SMA diatas SNP.
  • 5% guru dengan NUPTK
  • 40% Santri berbahasa Arab dan Inggris, 2 hari/pekan.
  • 50% lulusan SMP lanjut ke SMA NIBS
  • 30% lulusan SMA diterima di PTN ternama di INA.
^
2022/2023

Tahun 2

  • Bahasa pengantar Mapel diniah berbahasa Arab.
  • Manual hasil revisi Quality Edu. Mngmt digunakan.
  • Pendidikan tahfids mutu unggulan.
  • Mutu (SKL) SMP dan SMA mendekati sekolah benchmarking.
  • 10% guru dengan NUPTK
  • 50% santri berinteraksi harian dg
    bahasa Arab atau Inggris, 2 hari / pekan.
  • 50% lulusan SMP lanjut ke SMA NIBS.
  • 35% lulusan SMA diterima di PTN ternama di INA.
^
2023/2024

Tahun 3

  • Bahasa pengantar bahasa Mapel diniah berbahasa Arab & Mapel Bhs. Inggris berbahasa Inggris.
  • Manual final Quality Edu. Mngmt digunakan.
  • Pendidikan tahfids mutu unggulan.
  • SKL SMP dan SMA
    kompetitif dengan sekolah benchmarking.
  • 20% guru dengan NUPTK
  • 70% Santri berbahasa Arab dan Inggris, 3 hari/pekan.
  • 75% lulusan SMP lanjut ke SMA NIBS.
  • 45% lulusan SMA diterima di PTN ternama di INA.
  • 40% Santri memiliki karakter (KAP) diniah.
  • Draft PT Pendidikan Islam dan Kesehatan tersedia.
^
2024/2025

Tahun 4

  • Bahasa pengantar bahasa Mapel diniah berbahasa Arab & Mapel Bhs. Inggris berbahasa Inggris
  • Kegiatan konsultatif dengan berbagai pihak terkait DikTi;
  • Draft awal program kerja PT Pendidikan Islam dan Kesehatan tersedia.
  • Pengajuan ijin operasional PT. NIBS.
  • Lulusan tahfidz unggul
  • 30% guru dengan NUPTK
  • 90% Santri berbahasa Arab dan Inggris, 3 hari/pekan.
  • 80% santri lulusan SMP lanjut ke SMA NIBS.
  • 60% lulusan SMA NIBS diterima di PTN ternama di INA.
  • 70% Santri memiliki karakter (KAP) diniah.
  • 40% lulusan SMA NIBS melanjutkan ke PT NIBS