Terinisiasinya program bank sampah di Nuraida Islamic Boarding School pada tahun 2018, diawali dengan edukasi kepada tholibaat mengenai masalah sampah yang ada di Indonesia. Lalu mulai timbul kesadaran dari tholibaat mengenai penanganan sampah.

Para tholibaat mulai menginisiasi adanya pemilahan sampah di kelas. Sampah terpilah awalnya disimpan di kardus-kardus dengan berbagai kategori. Tholibaat mulai memilah sampah setiap hari Jum’at, kemudian sampah hasil pilah disetorkan kepada tempat daur ulang terdekat.

Tahun 2020, NIBS bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk menginisiasi adanya Bank Sampah agar sampah bisa terpilah dan tersalurkan dengan baik.

Setelah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup,wWarga NIBS mulai memilah sampah dengan lebih baik meski saat ini sedang pandemi. Alhamdulillah, kami telah menyetorkan sampah terpilah kepada Dinas Lingkungan Hidup sejak bulan Desember 2020.

Semoga dengan adanya Bank Sampah NIBS dapat mengurangi pembuangan sampah ke TPA dan menjadi amal ibadah sebagai upaya menjaga bumi Allah Ta’ala